Tuesday 25 August 2015

RAWAT MULUT DAN GIGI SEHAT ANDA DENGAN BENAR

 Ilustrasi mulut dan gigi sehat

Mulut dan gigi adalah salah satu bagian wajah yg sangat penting, karna kalo tidak ada mulut dan gigi itu bukan manusai haha, setiap hari mulut dan gigi kita selalu bekerja gimana ga bekerja kalo kerjaannya makan terus dan ngomong trus haha. Nah, apa saja sih yg musti diperhatikan dalam perawatan Gigi dan Mulut kita? langsung aja nih sobat, cekibrot.

MERAWAT GIGI SECARA BENAR DAN SEHAT

berikut cara sehat dan benar dalam merawat gigi, supaya tidak berlubang dan mulut tidak bau bangke hahaha, selamat membaca!

1. PILIH DENTAL FLOSS, DAN HINDARI TUSUK GIGI

Ketika sesudah makan gak lengkap dong kalo gada tusuk gigi, karena banyak sisa-sisa makanan yg masih nyangkut dibagian gigi tertentu. Tapi sebetulnya hal ini salah karena bisa melukai gigi dan gusi sehingga menyebabkan infeksi! jadi lebih baik gunakan DENTAL FLOSS (benang gigi) untuk membersihkannya sobat, karena benang gigi meminimalisir terjadinya benturan terhadap gusi dan gigi kita.

2. MENYIKAT GIGI DENGAN BENAR

Berikut ini sobat tekhnik menyikat gigi dengan benar :

  • Sikat dengan tekanan ringan. Menekan terlalu keras pada gigi akan merusak gigi dan gusi. Gusi akan mudah berdarah dan sensitif terserang infeksi. Karena bermasalah, gusi menjadi tidak sempurna untuk menyangga gigi dan bisa mengakibatkan kerusak gigi atau gigi menjadi tanggal.
  • Arah sikatan yang benar. Arah menyikat gigi yang benar adalah vertikal satu arah dari pangkal ke ujung gigi. Tujuannya adalah agar sisa makanan di sela gigi dapat tersapu keluar dan perbatasan gusi-gigi tidak terkikis. Arah sikatan untuk gigi geraham adalah sikat permukaan kunyah dengan gerakan ke kanan-kiri spt menyapu atau gerakan melingkat.
  • Durasi waktu menyikat gigi yang ideal adalah 2-3 menit. Kalau terlalu cepat, gigi akan kurang bersih tetapi kalau terlalu lama dapat mengikis email gigi dan mengiritasi gusi.
  • Gunakan sikat gigi berbulu lembut. Bulu sikat yang keras dan kaku akan merusak email gigii. Pastikan bulu sikat rapi dan tidak keluar dari barisan.
  • Pilih sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil. Ukuran kepala sikat yang sesuai dengan rahang akan membuat gigi lebih bersih karena dapat menjangkau bagian terdalam gigi.

3. WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENYIKAT GIGI

Waktu yang dianjurkan untuk menggosok gigi adalah pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur sobat, karena pada malam hari ludah tidak terproduksi dan menyebabkan kuman dan bakteri aktif, katanya si kuman dan bakteri itu memakan sisa-sisa makanan(btw baik ya). eits jgn salah dulu sisa makanan yang mengandung asam dan gula akan melemahkan enamel gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang!

4. BERKUMUR DENGAN MOUNTWASH

Sesudah menggosok gigi lengkapilah dengan berkumur dengan mountwash pilihan sobat, tentu saja yg mengandung antiseptik/antibiotik yah.

5. KEROK LIDAH

Kerok lah lidah sobat menggunakan sikat gigi atau alat khusus untuk mengerok lidah, bisa gunakan dengan sendok, tp habis itu dicuci yah hahaha.

6. MENGUNYAH PERMEN KARET

Mengunyah permen karet berguna untuk self cleansing pada gigi. Permen karet dapat membersihkan sisa makanan dan plak pada permukaan gigi. Kunyahan permen karet akan merangsang peningkkatan produksi saliva sehingga mulut menjadi tidak kering dan bau mulut berkurang, Walau berguna, tetapi kandungan gula pada permen karet dapat merusak gigi, jadi jangan lupa menggosok gigi setelah mengunyahnya.

7. PERIKSA GIGI DAN MULUT ANDA

Nah, ini yg harus anda lakukan rutin, minimal 6 bulan 1x, khusus cewek kali-kali aja ada rambut nyangkut #ehhh hahaha. Sekian dari saya dipostingan sederhana ini sobat, terimakasih atas kunjunganya.

sumur

No comments:

Post a Comment